Komunitas Kami

cropped-8pqhtoty_400x4002.jpg

TOEBAN TEMPO DOELOE adalah sebuah Komunitas Pemerhati Sejarah yang memiliki antusiasme terhadap sejarah dan budaya yang ada di Tuban, Jawa Timur.
Komunitas ini bukan dari kumpulan para sejarawan, namun berawal dari group media sosial, oleh Zenith Latu Januar, SSiT. diberi nama “Media Penyelamatan Riwayat Dan Situs Sejarah Di Kabupaten Tuban” pada tanggal 10 Februari 2016. Kemudian pada tanggal 5 April 2016 berganti nama menjadi “Toeban Tempo Doeloe“.

Dengan berbagai macam latar belakang, anggotanya memiliki minat yang sama. Dengan misi kebersamaan, edukasi dan berbagi informasi tentang berbagai macam sejarah yang ada di Tuban, khususnya pada sejarah perkembangan peradaban di Tuban dan budayanya.

Visi Komunitas Toeban Tempo Doeloe adalah :

  1. Masyarakat umum terutama generasi muda lebih tertarik akan Sejarah dan Budaya Tuban.
  2. Adanya kepedulian yang lebih besar terhadap pelestarian aset – aset Sejarah dan Budaya di Tuban.
  3. Kelestarian Sejarah, Bukti Sejarah dan Budaya Tuban.
  4. Sehingga terwujud kecintaan dan kepedulian terhadap Tuban, terutama aspek sejarah dan budayanya sehingga akan membentuk karakter dan ciri khas daerah Tuban yang sesungguhnya dan lebih baik.

Tujuan Komunitas Toeban Tempo Doeloe adalah :

  1. Menjadi sebuah “wahana” bagi masyarakat umum yang tertarik akan sejarah dan budaya tanpa harus menjadi ahli dibidang tersebut.
  2. Membuka tabir sejarah yang selama ini terdapat di dalam buku – buku, cerita riwayat, dongeng dan mitos kepada masyarakat luas sehingga lebih mudah dimengerti dan menarik untuk dipahami.
  3. Penerbitan tulisan dan media tentang sejarah dan bukti sejarah yang ada di Tuban kepada masyarakat umum.
  4. Informasi hasil penelitian dan pendokumentasian Sejarah, Bukti Sejarah dan Budaya Tuban.